Friday, June 08, 2007

NFS Pada PC Baru Zyrex

Problem:
Sharing aplikasi di PC Zyrex yang baru tidak dapat dilakukan, baik untuk server maupun client. Padahal, status servis NFS & jaringan dalam keadaan OK. Kenape ye?

Penyebab:
Pengadaan seluruh unit PC Zyrex yang telah "ditanami" Linux Fedora Core 4 oleh pihak vendor agak "cacat" pada pemberian nama direktori untuk partisi /Data (vfat / fat32). Seharusnya nama direktori itu adalah /data (dengan karakter awal "d" yang kecil). Perbedaan sederhana ini mengakibatkan kegagalan pada tujuan mapping direktori.

Jika PC baru tersebut dijadikan server, maka seluruh client tidak dapat memanggil aplikasi. Namun, apabila PC itu digunakan sebagai client, maka hanya PC itu sendiri yang tidak dapat memanggil aplikasi.

Solusi:
Solusinya? Guampang... Intinya, rename saja direktori /Data menjadi /data sebelum seting lain dilakukan. Untuk lebih amannya, pastikan partisi /Data tersebut dalam keadaan tidak ter-mount dengan menggunakan perintah:

# umount /Data


Cara me-rename bisa dengan cara apa saja. Boleh pake mc atau langsung command line berikut:

# mv /Data /data


Setelah itu, sesuaikan nama direktori yang terdapat pada file /etc/fstab dengan menggantinya menjadi /data (jangan lupa: huruf "d" yang kecil).

Selanjutnya, cek partisi tersebut dengan mengetikan perintah:

# mount -a


Jika tidak ada pesan kesalahan, silakan di reboot untuk memastikan pekerjaan telah selesai & dapat dilanjutkan untuk tahapan yang lain.

Labels:

0 komentar:

Post a Comment